4 Kreasi Seru yang Bisa Dilakukan Selama Berada di Rumah

0
426
Image credit: Dragos Gontariu (unsplash.com)

Mengurangi aktivitas di luar rumah merupakan cara yang bijak untuk mengurangi penyebaran wabah virus corona (COVID-19). Untuk itu, kita perlu tetap menjaga kesehatan dan tetap berada di rumah.

Namun, si kecil pasti akan bosan jika berlama-lama di dalam rumah. Jangan bingung dulu, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di dalam rumah untuk menghilangkan rasa bosannya. Salah satunya adalah dengan berkreasi mencipkatan berbagai karya dengan si kecil.

Tidak perlu menyiapkan alat dan bahan yang mahal untuk membuat berbagai kreasi. Berikut ini ada 4 kreasi sederhana yang bisa dilakukan selama berada di rumah. Yuk catat!

Face Painting
Image source: Gift Habeshaw (unsplash.com)

Melukis merupakan kegiatan seni yang paling diminati banyak orang. Biasanya, melukis dilakukan dengan menggunakan cat dan kanvas. Tak ada salahnya untuk mencoba melukis dengan cara lain. Misalnya mengganti kanvas dengan wajah, atau biasa disebut dengan face painting.

Kita dan si kecil bisa saling bertukar ide dan saling melukis wajah. Ia bisa melukis apa pun yang ia mau, seperti topeng super hero, wajah hewan, hingga bunga-bunga.

Meski begitu, kita tetap perlu memerhatikan cat yang dipakai. Gunakanlah cat khusus face painting yang aman untuk kulit wajah anak.

Bubble Art
Image credit: hellowonderful.co

Membuat karya abstrak sangat menarik untuk dilakukan bersama si kecil. Salah satunya adalah dengan membuat bubble art. Kreasi yang satu ini cukup menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Di antaranya sedotan, sabun cuci piring, mangkok, dan pewarna makanan.

Campurkan sabun cuci piring dengan air di dalam mangkok. Kemudian tiup sabun tersebut dengan sedotan hingga menciptakan gelembung-gelembung.

Teteskan pewarna makanan di atas gelembung-gelembung tersebut. Kemudian tekankan kertas di atas gelembung hingga warna-warnanya menempel pada kertas. Warna-warna pada kertas akan mencipkatan komposisi abstrak yang tak terduga.

Paper Marbling
Image credit: hellowonderful.co

Selain dengan bubble art, untuk membuat karya abstrak dengan si kecil kita bisa menggunakan marbling. Visual yang tercipta akan seperti tekstur pada batu marmer. Alat dan bahannya pun dapat menggunakan produk-produk yang ada di rumah.

Caranya adalah dengan menyiapkan wadah seukuran kertas dengan diisi air. Untuk pewarnanya kita dapat menggunakan cat kuku yang dicairkan, bisa juga menggunakan tinta, atau pewarna makanan.

Untuk menciptakan tekstur marbling, cukup dengan meneteskan pewarna tersebut ke dalam air. Lalu atur tekstur menggunakan tusuk gigi atau garpu. Kemudian tempelkan kertas di atas permukaan air tersebut lalu angkat.

Cap Daun
Image credit: firstpalette.com

Untuk kreasi yang satu ini, kita perlu mengajak si kecil ke halaman rumah dan memilih daun-daun yang berjatuhan di tanah. Biarkan ia mencari daun-daun yang ia suka.

Setelah terkumpul, siapkan cat, kuas, dan kertas. Warnai dengan cat pada bagian belakang daun yang memiliki tekstur tulang daun lebih menonjol. Setelah diwarnai, tempelkan permukaan tersebut di atas kertas.

Tekstur tulang daun akan terlihat pada kertas dengan warna-warna yang menarik. Biarkan si kecil menciptakan kreasi cap daun sesuai dengan kreativitasnya sendiri. Namun kita pun tetap hari memerhatikan kebersihannya ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here