7 Manfaat Belajar Bermain Musik untuk Anak

0
238
Manfaat Musik untuk Anak
Image credit: Hal Gatewood (unsplash.com)

Musik sudah menjadi bagian dari hidup setiap orang. Ada banyak cerita yang tersimpan jika kita mendengar musik yang kita sukai. Kita pun bisa mengenalkan musik kepada anak sedini mungkin, bahkan ketika ia masih di dalam kandungan.

Selain untuk hiburan, ternyata musik memiliki banyak manfaat bagi anak-anak. Belajar musik bisa menjadi sarana untuk kesehatan mental dan kecerdasannya. Dalam ulasan kali ini terangkum tujuh manfaat belajar bermain musik untuk anak.

Meningkatkan Kemampuan Berpikir
boy near white wooden shelf
Image credit: Alireza Attari (unsplash.com)

Salah satu manfat bermain musik adalah meningkatkan kemampuan berpikir serta fungsi memori. Musik bisa menstimulasi beberapa bagian di otak yang sering digunakan untuk kegiatan lain seperti membaca, berhitung, hingga pengembangan emosi.

Melatih Kedisiplinan
Manfaat Musik untuk Anak
Image credit: Jordan Whitfield (unsplash.com)

Belajar bermain musik tentu harus diiringi dengan kedisplinan berlatih. Berilah dorongan motivasi yang sensual agar anak semangat untuk berlatih musik agar terus lebih baik. Namun tak perlu keras kepadanya, biarkan proses berlatihnya menjadi hal yang menyenangkan.

Mengajarkan Kesabaran
Manfaat Musik untuk Anak
Image credit: Paige Cody (unsplash.com)

Selain kedisiplinan, belajar bermain musik pun mengajarkan kesabaran bagi anak. Tetap ingatkan kepadanya bahwa tidak akan hal yang instan, kecuali dengan terus berusaha. Belajar musik secara berkelompok juga melatih kesabaran agar tercipta harmoni dari musik yang dimainkan.

Mengembangkan Keterampilan Sosial
girl in white and pink striped top
Image credit: Alireza Attari (unsplash.com)

Belajar musik secara berkelompok dalam membantu si kecil untuk mengembangkan keterampilan sosialnya. Ia akan bertemu dengan teman-teman seusianya dan beradaptasi melalui kerjasama dalam grup musik atau vokal.

Menambah Kreativitas
Image credit: Felix Koutchinski (unsplash.com)

Musik dan kreativitas adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. Para musisi dikenal sebagai orang-orang yang kreatif dan mampu menghasilkan berbagai karya. Setiap orang pun memiliki sisi kreatif dalam dirinya. Belajar bermain musik bisa jadi cara untuk mengeluarkan kreativitas dalam diri setiap anak.

Membangun Rasa Percaya Diri
Manfaat Musik untuk Anak
Image credit: Ashkan Forouzani (unsplash.com)

Ketika keterampilan bermain musik pada anak tumbuh, rasa percaya dirinya pun bisa ikut berkembang. Bermain musik akan memberikan mereka keyakinan terhadap dirinya sendiri ketika memainkan musik di hadapan orang lain. Rasa percaya diri ini tidak akan langsung terasa, namun seiring berjalannya waktu akan terbangun dengan lebih baik.

Wadah untuk Berekspresi
boy singing on microphone with pop filter
Image credit: Jason Rosewell (unsplash.com)

Musik dapat menjadi sarana untuk mengekspresikan diri. Melalui keterampilan bermain musik atau bernyanyi, anak bisa terbantu untuk mengembangkan kemampuan menyalurkan ekspresi yang dapat membangun emosi dan perasaannya.

Baca juga 5 Buku Anak Populer Sepanjang Masa Ini Bisa Jadi Pilihan Bacaan di Rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here