Kenali Manfaat Meditasi untuk Anak

0
424
meditasi Nanak
Image credit: Jyotirmoy Gupta (unsplash.com)

Kesehatan fisik dan mental adalah hal yang penting bagi setiap orang. Termasuk untuk anak-anak. Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan meditasi. Praktik ini merupakan proses relaksasi dari berbagai beban pikiran.

Tidak hanya untuk orang dewasa, meditasi pun sangat bermanfaat bagi kesehatan mental anak. Dilansir dari Mindvalley, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari meditasi yang dilakukan secara rutin oleh anak. Di antaranya terangkum dalam ulasan berikut ini.

Melatih Fokus
meditasi anak
Image credit: Johnny McClung (unsplash.com)

Di era serba digital ini, banyak hal yang dapat menjadi distraksi bagi kita. Seperti penggunaan gadget, media sosial, video games, dan masih banyak lagi. Terkadang ada hal-hal yang dilakukan secara bersamaan.

Maka dari itu, perlu ada penyeimbang dalam aktivitas si kecil. Dengan meditasi, ia dapat melatih fokusnya. Dengan begitu, ia mampu berlatih untuk memberikan perhatian penuh terhadap suatu hal, misalnya menyimak pelajaran di kelas.

Menumbuhkan Self-Esteem dan Self-Love
Meditasi Nanak
Image credit: Lina Trochez (unsplash.com)

Tak dapat dipungkiri bahwa rasa ketidakpercayaan diri pun dapat tumbuh pada usia dini. Ketika tidak merasa percaya diri, anak pun menjadi tidak merasa cukup baik dalam menghadapi berbagai hal.

Dalam meditasi, ada tahapan berbicara hal positif kepada diri sendiri untuk menumbuhkan rasa damai. Dengan itu, self-esteem dan self-love anak pun perlahan akan terbangun melalui latihan meditasi.

Meredakan Stress
photo of boy near fence with falling leaves
Image credit: Justin Young (unsplash.com)

Stress bukan hanya masalah orang dewasa. Anak pun dapat merasakannya dan memberikan dampak yang cukup berpengaruh terhadap kehidupannya kelak.

Seperti halnya orang dewasa, stress dapat direduksi dengan membuat pikiran tetap tenang. Meditasi bermanfaat untuk memfokuskan dan mengurangi tekanan pikiran. Maka hal ini pun dapat meredakan stress yang melanda.

Mendukung Perkembangan Kesehatan Mental
meditasi Nanak
Image credit: Edward Cisneros (unsplash.com)

Ketika anak telah berlatih untuk menumbuhkan sikap positif terhadap diri sendiri, maka berbagai pikiran dan perasaan negatif pun dapat terkurangi. Meditasi bisa menjadi cara agar anak berani menghadapi masalah, fokus terhadap solusi, serta melatih kesabaran.

Dari hal-hal tersebut, perkembangan kesehatan mental anak pun dapat didukung melalui latihan meditasi yang teratur.

Menumbuhkan Rasa Empati dan Keterikatan
mother kissing her daughter
Image credit: Irina Murza (unsplash.com)

Selain untuk diri sendiri, meditasi pun dapat menumbuh rasa empati anak kepada orang lain. Meditasi meningkatkan rasa kasih sayang, kebaikan, dan keterikatan antar sesama.

Dengan menumbuhkan rasa empati dan keterikatan antar sesama, si kecil pun dapat melatih diri agar lebih peduli terhadap lingkungan di sekitarnya.

Baca juga 5 Ide Makanan Yang Bisa Dibuat Bersama Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here