Si Kecil Sulit Fokus Belajar di Rumah? Ini Dia Tipsnya!

0
317
Image source: marchs.site

Pandemi COVID-19 yang saat ini tengah melanda dunia mengharuskan kita untuk beraktivitas di dalam rumah hingga waktu yang belum ditentukan. Begitu pula dengan sekolah si kecil. Seluruh sekolah menerapkan sistem belajar di rumah.

Tentu hal ini akan membuat tenaga kita teralihkan untuk membimbing pelajaran-pelajaran sekolah si kecil dari rumah. Tak jarang ia pun bosan dan sulit untuk focus mengerjakan latihan harian.

Berikut ini ada tips yang bisa diterapkan untuk membimbing proses belajar si kecil di rumah. Ada apa saja? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Atur Jadwal Belajar Bersama
Belajar di Rumah
Image credit: Josh Applegate (unsplash.com)

Ketika seluruh aktivitas dilakukan di dalam rumah, tentu kita perlu beradaptasi dengan rutinitas harian. Kita pun harus bersiasat untuk membagi waktu bagi anak di kala pekerjaan dari kantor turut dikerjakan dari rumah.

Aturlah rutinitas bersama si kecil, termasuk dengan jadwal belajarnya. Penyesuaian jadwal ini sangat penting dilakukan agar segala aktivitas di rumah dapat berjalan dengan selaras.

Ciptakan Ruangan yang Menyenangkan
Belajar di Rumah
Image credit: marchs.site

Salah satu hal yang membuat si kecil sulit fokus belajar adalah situasi ruangan yang kurang membangun untuk kegiatan belajar. Pisahkanlah tempat belajar dengan area bermain anak.

Menciptakan area belajar bisa menjadi cara yang baik untuk membangun fokus. Sediakanlah meja belajar yang khusus menjadi area selama belajar bagi si kecil. Selain dapat membangun fokus, menggunakan meja belajar pun dapat menjaga pertumbuhan tulang belakang si kecil.

Buat Target Harian
Belajar di Rumah
Image credit: Aaron Burden (unsplash.com)

Pencapaian belajar sangat penting untuk dimiliki. Namun kita pun tidak bisa memaksa dengan keras kepada anak untuk memenuhi seluruh target belajar dengan instan. Maka dari itu, buatlah target yang dapat diterapkan secara harian.

Kita pun bisa memberikan reward jika ia mampu memenuhi target tersebut. Tidak perlu memberikan hadiah yang mahal, cukup dengan rewardsecara verbal seperti pujian, si kecil pun akan lebih percaya diri dalam mengikuti proses belajar.

Komunikasi yang Baik
Image credit: Patricia Prudente (unsplash.com)

Komunikasi adalah kunci penting dalam proses belajar. Pemilihan bahasan dan nada bicara pun menjadi aspek yang perlu diperhatikan dalam membimbing proses belajar si kecil di rumah.

Gunakanlah istilah-istilah sederhana ketika menjelaskan materi belajar kepada anak. Tanyakan pula padanya jika ada materi pelajaran yang kurang dimengerti olehnya.

Selain dengan anak, komunikasi dengan guru pun menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Sampaikanlah perkembangan anak selama belajar di rumah kepada gurunya secara rutin.

Baca juga 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak di Tengah Pandemi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here